Monday, July 29, 2013

Social Media Strategy


Unsur-unsur pencitraan media iklan yang efektif di lingkungan yang ramai, dilihat dari sudut pandang marketing memiliki daya pikat dengan metode:

1. Mampu dibaca dan dikuasai maksudnya dalam hitungan cepat, mungkin hitungan detik, sehingga media iklan jangan terlalu ramai, berlapis-lapis alinianya. Terutama jika diletakkan di jalan raya dengan kecepatan kendaraan pembaca yang rata-rata cukup tinggi, untuk membaca hanya memeiliki kesempatan sekitar 3-5 detik.

2. Menghindari kesan terlalu detil sekali, sehingga sulit menangkap ini pesan dan akan menurunkan antusiasme serta dorongan ingin tahu, sedang tujuan awal adalah membangun kesan dan pesan simetris secara singkat untuk memancing kesan awal dan melahirkan persepsi awal.

3. Memiliki nilai focus, menempatkan sebuah focus untuk mencari arah perhatian paling utama dalam sebuah media, baik melalui komposisi warna, ukuran huruf, posisi dan bentuk.

4. To the point, jangan memberikan penjelasan yang terlalu diskriptif yang menghilangkan kesan intelektualitas , ambil poin-poin saja.

5. Perhatikan peletakan media dengan menggabungkan unsur sumber cahaya, atau arah jalan yang produktif dll.

6. Komunikasi dengan cepat melalui kata-kata yang lazim dan umum

7. Jangan terlalu memancing perhatian dengan kata-kata yang susah di terjemahkan, atau cenderung keinggris-inggrisan, kalau kesan yang dibangun adalah “nilai informasinya”

8. Simple dan elegan, sekali lagi iklan dalam lingkungan ramai haruslah simpel, tidak terlalu didominasi dengan kekuatan desain semata, dominasi tekstur-goresan yang rumit, overlap dll.

9. Bijak dalampenggunaan foto dan gambar, semua haruslah relevan. gambar yang tidak memiliki unsur persuasi, dihilangkan.

10. Perhatikan, rata-rata pengakses Media iklan, kaitkan dengan Segmentasi Pasar yang digariskan oleh manajemen/pimpinan.

Reference :
* http://businesslounge.co/?p=6381

No comments: